KISAH INSPIRATIF KATAK VS CICAK

Dikisahkan ketika Nabi Ibrahim AS dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud, melihat kobaran api yang besar katak mempunyai niat membantu memadamkannya dengan ludahnya sehingga keluar hukum bahwa membunuh katak hukumnya haram. sebalikanya, ketika ada kobaran api cicak membantu meniupkan bara api sehingga muncul hukum membunuh cicak dengan 1 kali pukulan 100 kebaikan, 2 kali pukulan 80 kebaikan, 3 kali pukulan 70 kebaikan, 4 kali pukulan 50 kebaikan dan seterusnya.
Hikmahnya, bahwa semua amal itu kembali kepada niat. dari kisah diatas berkat niat katak membantu memadamkan api meskipun tidak mampu, akhirnya semua keturunan katak haram dibunuh. sebaliknya, berkat niat cicak yang meniupkan api mesipun kurang begitu berpengaruh cuma karena niat akibatnya semua anak keturunannya dihukumi sunnah dibunuh. sehingga alangkah pentingnya dalam menata niat dalam segala tindakan meskipun diluar kemampuan.

kisah lain lagi tentang niat, ada sebuah kisah pada saat Rosulullah SAW menemui tamu dirumah beliau. lalu Rosulullah SAW berkata " wahai fulan apa yang telah kau kerjakan karena saya melihat malaikat mencatat amal kamu belum selesai-selesai?." Fulan menjawab " tidak ada wahai Rosulullah SAW, namun saya tadi diperjalanan melewati gurun pasir lalu terlintas dalam hati andaikan punya emas sebanyak gurun pasir maka akan kujual dan kusedekahkan kepada umat islam." 
dapat disimpulkan bahwa dalam kebaikan hanya karena niat maka akan dihitung kebaikan pula.

sebagaimana Al habib Ahmad bin Hasan Al Attas mengatakan bahwa Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsti mendapatkan derajat yang tinggi karena 2 hal:
1. selalu tata niat yang baik.
2. selalu menjaga hatinya.


والله اعلم بالصواب


1 komentar:

  1. اسمع يا اسرائيل. الرب الهنا رب واحد

    BalasHapus