Hijabku Pelindungku

Saat ini hijab tidak lagi menjadi sesuatu yang asing bagi wanita-wanita muslimah , karena banyaknya pablik figur yang sedikit demi sedikit sudah terketuk hatinya mengenakan hijab dan banyaknya model-model hijab yang membuat para wanita muslimah tertarik menggunakannya.
Tentu ini bagus sekali untuk perbaikan wanita-wanita muslimah yang masih belajar memperbaiki diri menjadi muslimah seutuhnya. Setiap orang mempunyai proses yang berbeda, tidak masalah jika awal perbaikan dari menggunakan hijab-hijab modern biasa disebut dengan hijab gaul, akan tetapi tetaplah bersemangat untuk perbaikan diri, coba kita tata lagi niat kita dan kita cek apa tujuan kita menggunakan hijab yang sebenarnya. tentu jika kita ingin menggunakan hijab karena kesadaran kita bahwa hijab merupakan perintah Allah maka seharusnya kita tidak hanya sekedar memakai hijab, namun kita harus mencari tahu bagaimana pemakaian hijab yang diperintahkan Allah.
 
Allah berfirman dalam surat An Nur ayat  31
 وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Dan juga Allah berfirman dalam surat lain yakni surat Al Ahzab ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا


Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

Sungguh, tidakkah kita tau bahwa aturan yang dibuat Allah adalah sebaik-baik aturan. Tentu perintah Allah mengenai pemakaian hijab untuk wanita muslimah semata-mata hanyalah ingin menjaga kesucian dan kehormatan wanita muslimah itu sendiri.

Kita bisa menilai sekitar kita, bagaimana penghormatan laki-laki terhadap wanita yang memakai pakaian muslimah dan tidak. Wanita yang memakai pakaian muslimah yang sesuai perintah Allah ia akan lebih terjaga.

Untuk itu, hakikat sebenarnya dari hijab adalah pelindung bagi yang memakainya, melindungi dari hal yang menjadikan fitnah bagi orang lain, melindungi dari panasnya api neraka. Dan sebagai penutup dari apa yang dibaliknya, menutupi aurat. Jika kita hanya sekedar memakai atau menutup saja dengan tidak sempurna maka kita akan rugi. Karena kita belum sesuai apa yang diperintahkan Allah, tentu segala sesuatu yang menyalahi aturan Allah maka yang ada hanyalah kerugian,kesusahan dan keburukan. Maka belajar memakai hijab sesuai apa yang diperintahkan Allah wajib kita pelajari dan mengamalkannya. 

Perlu kita tekankan dalam diri kita bahwa hijab merupakan pelindung bagi kita bukan ajang kecantikan yang menjadikan sorotan mata memandang kita. Bukan pula sebagai bahan gaya-gayaan supaya terlihat modis dalam pandangan mereka. Untuk apa modis dalam pandangan manusia tapi kita tidak modis menurut pandangan Allah.

Namun muslimah, jika engkau sudah menyempurnakan hijabmu sesuai perintah Allah, yang menjadikan hijabmu sebagai pelindungmu, alangkah baiknya jika terus mengistiqomahkan dan juga tetap rendah hati, tidak menjelek-jelekkan atau merasa diri paling sholihah karena yang sholihah tentu ada yang lebih sholihah lagi. tetap menjaga kebaikan untuk diri kita dan orang lain.


0 komentar:

Posting Komentar