bisa segera hatam atau membaca lebih banyak
Pertanyaan
Bagaimana hukum sholat dengan membawa Al Quran dan membacanya dengan mushaf tersebut????
Jawaban
Sebanagimana termaktub dalam kitab Fatawa Mu'ahiroh kementrian Mesir Jus 1 halaman 6
Mufti mesir Prof DR Syekh Ali Jumah menguraikan
Sebagian besar fuqoha memperbolehkan
membaca Al Quaran dengan mushafketika sholat baik sholat sunnah atau sholat
wajib. Mereka berdalil dengan hadits yang diriwayatkan Imam Malik bahwa Dzakwan
Mawla Aisyah melaksanakan qiyamul lailpada bulan ramdhan dengan membaca dari
mushaf dan tidak ada dalil yang melarangnya
Adapaun membalik lembaran Al Quran tetap
diperbolehkan dengan tetap memperhatikan dan meminimalisir gerakan agar orang
yang sholat tersebut tidak keluar dari khusyu' yang semestinya menurut syariat.
Sebenarnya yang lebih utama adalah yang memnajdi imam sholat adalah seorang
hafidz agar makmum bisa mendengar bacaan imam, serta imam dan makmum tidak
sibuk membolak balikkan Al Quran sehingga menyebabkan ketidak khusyuan dan
membuat gerakan-gerakan diluar sholat. Jadi mengenahi pertanyaan tersebut,
memegang mushaf dan membacaya baik dengan Alat atau dengan tangan itu
dibenarkan oleh syariat. Adapaun membaca dengan mushaf ketika sholat tidak
lebih utama dengan membaca dengan hafalannya karena itu akan lebih mendekatkan
diri kepada
kekhusyuan
يذهب كثير من الفقهاء إلى جواز القراءة من المصحف في
صلاة النفل والفريضة ، واستدلوا بما رواه مالك من أن ذكوان مولى السيدة عائشة رضى
الله عنها كان يقوم في رمضان من المصحف وأنه ليس هناك دليل على المنع.
وبالنسبة لتقليب أوراق المصحف فلا بأس فيه مع مراعاة
أن يكون ذلك في أضيق نطاق حتى لا يخرج المصلي عن خشوعه المطلوب شرعاً في الصلاة
وإن كان الأولى والأفضل أن يصلي بالناس الحافظ للقرآن وأن يستمع المأموم لقراءة
الإمام حتى لا ينشغل أيا منهما عن الخشوع في الصلاة بتقليب أوراق المصحف وكثرة
الحركات الخارجة عن الصلاة.
وبناءً على ما سبق وفي واقعة السؤال :- فقيام بعضهم
بإمساك المصحف والقراءة منه أثناء الصلاة وتقليب أوراقه سواءً كان المصحف بيد
المصلىِ أو على حامل صحيح شرعاً كما أنه ليس للقراءة من المصحف أثناء الصلاة فضل
على قراءة المصلىِ من حفظه بل إن قراءة المصلىِ من حفظه أولى وأقرب إلى الخشوع.
والله سبحانه وتعالى أعلم.
0 komentar:
Posting Komentar